• UGM
  • IT Center
  • Library
  • Journal of Psychology
  • LPPM UGM
  • UGM Mail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Center for Indigenous and Cultural Psychology
Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Tentang CICP
    • Selayang Pandang Indigenous Psychology
    • Sambutan Direktur CICP
    • Sejarah CICP
    • Visi dan Misi
    • Staff
    • Anggota
  • Kegiatan
    • Konferensi
    • Konsentrasi Penelitian
      • Konsentrasi Penelitian 2021
      • Konsentrasi Penelitian 2020
      • Konsentrasi Penelitian 2019
    • Kegiatan Terlaksana
    • Kegiatan Rutin
      • CICP Publication Workshop
      • School of Researcher
      • THEORY BUILDING TRAINING
    • Kegiatan Mendatang
    • Magang Internal
      • Prosedur Magang Internal (UGM)
      • Rekap Magang Internal 2018
      • Rekap Magang Internal 2019
    • Magang External
      • Prosedur Magang Eksternal (Asing dan Non-UGM)
      • Alumni Magang Eksternal
  • Publikasi
    • Jurnal
    • Working Paper Series
    • Buku
    • Policy Brief CICP
    • Artikel Lain
  • Beranda
  • Policy Brief CICP

Policy Brief CICP

  • 14 Januari 2022, 16.30
  • Oleh: cicp
  • 0

CICP melakukan publikasi hasil penelitian dalam berbagai produk pengetahuan, diantaranya laporan penelitian, artikel jurnal, working paper, policy brief dan buku. Berbagai produk pengetahuan tersebut memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Pada tahun ini CICP menerbitkan policy brief yang diramu dari hasil penelitian CICP. Policy brief ini ditulis dengan menggali gap antara kebijakan dan implementasi yang ada di lapangan, kemudian hasil penelitian CICP menjadi alternatif solusi pengambilan kebijakan.

Seperti yang telah diketahui bahwa para pengambil kebijakan sering membutuhkan hasil kajian/analisis kebijakan yang bersifat mudah dipahami dan non-teknis. Salah satunya dapat diperoleh dari policy brief yang merupakan bagian dari karya tulis ilmiah (policy scientific paper). Policy brief adalah dokumen ringkas dan netral yang ditujukan untuk level penentu kebijakan dan bertujuan mengidentifikasi isu-isu tertentu, serta membuat pilihan kebijakan, bukti-bukti baru, dan rekomendasi baru bagi kebijakan yang akan dirancang (Young & Quinn, 2002). Berbeda dengan artikel jurnal, policy brief ini disusun sangat ringkas namun memiliki kemampuan menjelaskan (Pokhrel, dkk., 2017).

Karakteristik dari policy brief yang disusun oleh CICP yakni berisi paparan yang singkat dengan bahasa yang lebih umum atau non-teknis, namun berdasar informasi yang berbasis bukti dan ditujukan kepada lembaga/organisasi yang relevan (Irawati, dkk., 2017). Hal ini dikarenakan pengambil kebijakan membutuhkan data dan informasi yang spesifik, singkat dan mudah dipahami. Studi menunjukkan dokumen yang telalu panjang memiliki peluang yang rendah untuk dibaca oleh para pengambil kebijakan di tingkat atas (Dagenais & Ridde, 2018).

Dalam penyusunan policy brief CICP memilih menjalankan salah satu fungsi policy brief yaitu sebagai jembatan antara peneliti dengan pengambil kebijakan. Fungsi sebagai jembatan tersebut diantaranya berupaya menjelaskan dan meyakinkan urgensi isu yang disajikan, menyajikan rekomendasi kebijakan serta memberikan bukti yang mendukung(Irawati, dkk., 2017).

Publikasi

Mental Health on Campus
Kampus seharusnya dapat menjadi salah satu lingkungan yang dapat memahami kondisi mental mahasiswa, karena sebagian besar waktunya dihabiskan untuk kegiatan ...
Read More
Risiko Penyandang Disabilitas dalam Bencana
Penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok masyarakat yang paling berisiko dalam bencana yang berpotensi menjadi korban meninggal empat kali lebih ...
Read More
KOMPETISI KE KOLABORASI: Inisiasi Kegiatan Kolaboratif Siswa antar Sekolah
Permendikbud RI No. 22 tahun 2016 mendorong agar siswa mampu untuk menghasilkan karya yang berbasis pemecahan masalah, kemudian hal ini ...
Read More
Parent Meeting untuk Peningkatan Dukungan Emosional Orang Tua Bagi Siswa
Dukungan emosional yang tidak maksimal kepada anak sering kali berdampak pada menurunnya prestasi akademik maupun non-akademik. Penelitian yang dilakukan Center ...
Read More
Nurturing The Family : Penerapan Asah, Asih, dan Asuh menuju Keluarga Sejahtera
Hubungan emosional (asih) dan karakter yang baik (asah) rupanya menjadi faktor utama kepercayaan anak terhadap orang tua. Temuan tersebut mendukung ...
Read More
Pembinaan Kesadaran Akan Aspirasi dan Potensi Diri pada Pelajar Indonesia
Fenomena terkait ketidaksesuaian pilihan karir pemuda dengan jurusan yang dipilih semasa kuliah menimbulkan pertanyaan tentang gambaran aspirasi pelajar Indonesia. Pelajar, ...
Read More
Sinergi Orang Tua dan Sekolah dalam Proses Pembelajaran SMP/MTs dan SMA/MA
Permendikbud RI No. 22 tahun 2016 atau revisi dari Permendikbud RI No. 65 tahun 2013 dianggap sebagai langkah progresif dari ...
Read More
Sosialisasi Buddy Program untuk mencegah perundungan di sekolah
Kecerdasan emosional ternyata dapat mengurangi kemungkinan seseorang melakukan perundungan. Hal ini menjustifikasi pentingnya buddy program untuk mengembangkan empati, salah satu ...
Read More
“Berteman Tanpa Syarat” : Membangun Kepercayaan Melalui Kebaikan Hati dan Integritas
Hubungan interpersonal menjadi hal yang penting dalam perkembangan emosi dan sosial seseorang. Suatu hubungan membutuhkan trust agar hubungan tersebut bisa ...
Read More
Pendidikan Karakter Baik Hati sebagai Revolusi Karakter Bangsa
Karakter seseorang dalam sebuah ruang interpersonal akan memberikan kesan dalam interaksi, khususnya dengan orang asing. Sebanyak 23.68% mempercayai orang asing ...
Read More
Menumbuhkan Kepercayaan Melalui Pendidikan
Rasa percaya (trust) sangat dibutuhkan dalam relasi antar manusia, juga dalam pertemanan antar remaja. Namun, dari mana datangya rasa percaya? ...
Read More
Berjuang Bersama Menyambut Buah Hati : Urgensi Cuti Kelahiran bagi Ayah
Bukan hanya ibu, ayah juga berperan dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif, sosial, dan emosi anak. Masa awal kelahiran adalah titik krusial ...
Read More

Referensi:

Irawati, E. et al. Modul Pelatihan Lanjutan Analisis Kebijakan. (Lembaga Administrasi Negara RI, 2017).

Dagenais, C. & Ridde, V. Policy brief as a knowledge transfer tool: to “make a splash” your policy brief must first be read. Gac. Sanit. 32, 203–205 (2018).

Dunn, W. N. Public Policy Analysis: An Introduction. (Pearson Education, 2004).

Pokhrel, S., Owen, L., Coyle, K. & Coyle, D. Roi in Public Health Policy: Supporting Decision Making. (Palgrave Macmillan, 2017).

Universitas Gadjah Mada

Alamat: Ruang D604 Gedung D lt. 6, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Jl. Humaniora No. 1 Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta 55281 INDONESIA

Jam Kerja: 08.00 – 16.00
Telepon: (+62)274-550435 ext. 604
Humas CICP: (+62)857-2868-1391
Fax: (+62)274-550436

Email: cicp@ugm.ac.id

Instagram: @cicp.ugm

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju