• UGM
  • IT Center
  • Library
  • Journal of Psychology
  • LPPM UGM
  • UGM Mail
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Center for Indigenous and Cultural Psychology
Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Tentang CICP
    • Selayang Pandang Indigenous Psychology
    • Sambutan Direktur CICP
    • Sejarah CICP
    • Visi dan Misi
    • Staff
    • Anggota
  • Kegiatan
    • Konferensi
    • Konsentrasi Penelitian
      • Konsentrasi Penelitian 2021
      • Konsentrasi Penelitian 2020
      • Konsentrasi Penelitian 2019
    • Kegiatan Terlaksana
    • Kegiatan Rutin
      • CICP Publication Workshop
      • School of Researcher
      • THEORY BUILDING TRAINING
    • Kegiatan Mendatang
    • Magang Internal
      • Prosedur Magang Internal (UGM)
      • Rekap Magang Internal 2018
      • Rekap Magang Internal 2019
    • Magang External
      • Prosedur Magang Eksternal (Asing dan Non-UGM)
      • Alumni Magang Eksternal
  • Publikasi
    • Jurnal
    • Working Paper Series
    • Buku
    • Policy Brief CICP
    • Artikel Lain
  • Beranda
  • Kegiatan yang telah dilaksanakan
  • Peningkatan dan Pemerataan Kemampuan Riset Asisten Peneliti CICP dengan School of Researcher dan School of Researcher: Upgrading

Peningkatan dan Pemerataan Kemampuan Riset Asisten Peneliti CICP dengan School of Researcher dan School of Researcher: Upgrading

  • Kegiatan yang telah dilaksanakan, Public Release
  • 19 Juni 2021, 16.04
  • Oleh: cicp
  • 0

Pandemi tidak menghalangi kita untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas diri, begitu pula dalam proses pembelajaran penelitian di lingkup CICP. Tahun ini, School of Researcher (SoR) kembali diadakan dengan media daring di dalam kelas (in-class) yang ditujukan bagi seluruh asisten peneliti baru dan lama CICP. SoR kali ini diadakan secara kontinu dalam rentang 2 minggu setiap Senin dan Rabu dimulai pada Senin (19/4) hingga pelaksanaan sesi in-class terakhir pada Rabu (28/4). Minggu pertama rangkaian SoR wajib dihadiri asisten peneliti baru. Di sisi lain, minggu kedua SoR dengan format SoR: Upgrading merupakan agenda wajib bagi asisten peneliti lama (angkatan 2020 dan sebelumnya yang aktif) namun merupakan agenda yang bebas dihadiri asisten peneliti baru yang memiliki minat pada topik materi di hari-hari tersebut.

Sesi pertama in-class SoR minggu pertama dengan materi Indigenous, Cultural, and Cross-Cultural Psychology (19/4) dibawakan oleh Adelia Khrisna Putri, S. Psi., M.Sc. Sesi ini mengupas materi penelitian terkait budaya yang ada dalam lingkup psikologi, salah satunya mengenai indigenous psychology yang juga didalamnya membahas 10 karakteristik indigenous psychology. Sesi kedua in-class dengan Metode Penelitian Kuantitatif (20/4) dibawakan oleh Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A. dengan materi pengantar kuantitatif. Pada sesi ini, Wahyu menyampaikan materi tentang penelitian kuantitatif seperti filsafat dan logika, urgensi penelitian kuantitatif, dan penjelasan metode kuantitatif yang lumrah dipakai seperti metode survei dan eksperimen.

Sesi ketiga atau sesi terakhir in-class SoR yang wajib dihadiri asisten peneliti baru dibawakan oleh Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D. dengan materi Metode Penelitian Kualitatif (21/4). Pradytia menjelaskan filsafat dan paradigma pada riset kualitatif dimulai dari paradigma ontologi hingga paradigma post-struktural. Selain itu, Pradytia juga memaparkan materi tahapan riset kualitatif dan metode analisis tematik yang biasa digunakan pada riset-riset di CICP.

Sesi pertama SoR Upgrading Systematic Literature Review disampaikan oleh Rizqi Nur’aini A’yuninnisa, S.Psi., M.Sc. dengan materi tahapan melakukan literature review yang sistematis (26/4). Tahapan tersebut dimulai dengan menentukan topik penelitian, daftar hal-hal apa saja yang harus dicari tentang topik tersebut, hingga proses reviu dan evaluasi artikel riset yang dibaca terkait kredibilitas riset tersebut.

Sesi selanjutnya yaitu materi Penulisan Naskah Publikasi disampaikan oleh Restu Tri Handoyo, Ph.D, Psikolog (27/4). Materi penulisan naskah yang dibawakan terdiri dari struktur dasar artikel penelitian, tahapan menulis naskah publikasi, penyajian data beserta visualisasi data (tabel, grafik, dan lain sebagainya), isu authorship pada penelitian, hingga isu etika dalam publikasi. Pada sesi tanya-jawab, Restu menyatakan perlunya peneliti untuk terus berproses dan tetap konsisten melakukan berbagai penelitian disamping penelitian yang sudah dikirimkan ke penerbit jurnal dengan adanaya ketidakpastian dan durasi waktu proses publikasi yang panjang.

Sesi ketiga sekaligus sebagai sesi penutup seluruh rangkaian School of Researcher dibawakan oleh Haidar Buldan Thontowi, S. Psi., M. A., Ph.D. dengan materi proofreading dengan format APA 7th Edition (28/4). Materi proofreading ini menjelaskan seputar urgensi proofreading yang merupakan prasyarat hal yang harus dilakukan sebelum mengirim naskah publikasi. Selain itu, Buldan juga menjelaskan mengenai bagian-bagian dalam artikel riset yang perlu diperhatikan sesuai format APA 7th Edition, format referensi APA terbaru yang baru saja dirilis 2020 lalu. [Ratri/Humas CICP]

SORD11
SORD2
SORD3
previous arrow
next arrow

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Universitas Gadjah Mada

Alamat: Ruang D604 Gedung D lt. 6, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Jl. Humaniora No. 1 Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta 55281 INDONESIA

Jam Kerja: 08.00 – 16.00
Telepon: (+62)274-550435 ext. 604
Humas CICP: (+62)857-2868-1391
Fax: (+62)274-550436

Email: cicp@ugm.ac.id

Instagram: @cicp.ugm

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju