Pandemi tidak menghalangi kita untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas diri, begitu pula dalam proses pembelajaran penelitian di lingkup CICP. Tahun ini, School of Researcher (SoR) kembali diadakan dengan media daring di dalam kelas (in-class) yang ditujukan bagi seluruh asisten peneliti baru dan lama CICP. SoR kali ini diadakan secara kontinu dalam rentang 2 minggu setiap Senin dan Rabu dimulai pada Senin (19/4) hingga pelaksanaan sesi in-class terakhir pada Rabu (28/4). Minggu pertama rangkaian SoR wajib dihadiri asisten peneliti baru. Di sisi lain, minggu kedua SoR dengan format SoR: Upgrading merupakan agenda wajib bagi asisten peneliti lama (angkatan 2020 dan sebelumnya yang aktif) namun merupakan agenda yang bebas dihadiri asisten peneliti baru yang memiliki minat pada topik materi di hari-hari tersebut.
Sesi pertama in-class SoR minggu pertama dengan materi Indigenous, Cultural, and Cross-Cultural Psychology (19/4) dibawakan oleh Adelia Khrisna Putri, S. Psi., M.Sc. Sesi ini mengupas materi penelitian terkait budaya yang ada dalam lingkup psikologi, salah satunya mengenai indigenous psychology yang juga didalamnya membahas 10 karakteristik indigenous psychology. Sesi kedua in-class dengan Metode Penelitian Kuantitatif (20/4) dibawakan oleh Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A. dengan materi pengantar kuantitatif. Pada sesi ini, Wahyu menyampaikan materi tentang penelitian kuantitatif seperti filsafat dan logika, urgensi penelitian kuantitatif, dan penjelasan metode kuantitatif yang lumrah dipakai seperti metode survei dan eksperimen.
Sesi ketiga atau sesi terakhir in-class SoR yang wajib dihadiri asisten peneliti baru dibawakan oleh Pradytia Putri Pertiwi, S.Psi., Ph.D. dengan materi Metode Penelitian Kualitatif (21/4). Pradytia menjelaskan filsafat dan paradigma pada riset kualitatif dimulai dari paradigma ontologi hingga paradigma post-struktural. Selain itu, Pradytia juga memaparkan materi tahapan riset kualitatif dan metode analisis tematik yang biasa digunakan pada riset-riset di CICP.
Sesi pertama SoR Upgrading Systematic Literature Review disampaikan oleh Rizqi Nur’aini A’yuninnisa, S.Psi., M.Sc. dengan materi tahapan melakukan literature review yang sistematis (26/4). Tahapan tersebut dimulai dengan menentukan topik penelitian, daftar hal-hal apa saja yang harus dicari tentang topik tersebut, hingga proses reviu dan evaluasi artikel riset yang dibaca terkait kredibilitas riset tersebut.
Sesi selanjutnya yaitu materi Penulisan Naskah Publikasi disampaikan oleh Restu Tri Handoyo, Ph.D, Psikolog (27/4). Materi penulisan naskah yang dibawakan terdiri dari struktur dasar artikel penelitian, tahapan menulis naskah publikasi, penyajian data beserta visualisasi data (tabel, grafik, dan lain sebagainya), isu authorship pada penelitian, hingga isu etika dalam publikasi. Pada sesi tanya-jawab, Restu menyatakan perlunya peneliti untuk terus berproses dan tetap konsisten melakukan berbagai penelitian disamping penelitian yang sudah dikirimkan ke penerbit jurnal dengan adanaya ketidakpastian dan durasi waktu proses publikasi yang panjang.
Sesi ketiga sekaligus sebagai sesi penutup seluruh rangkaian School of Researcher dibawakan oleh Haidar Buldan Thontowi, S. Psi., M. A., Ph.D. dengan materi proofreading dengan format APA 7th Edition (28/4). Materi proofreading ini menjelaskan seputar urgensi proofreading yang merupakan prasyarat hal yang harus dilakukan sebelum mengirim naskah publikasi. Selain itu, Buldan juga menjelaskan mengenai bagian-bagian dalam artikel riset yang perlu diperhatikan sesuai format APA 7th Edition, format referensi APA terbaru yang baru saja dirilis 2020 lalu. [Ratri/Humas CICP]