Center for Indigenous and Cultural Psychology (CICP) mengadakan School of Researcher (SOR) bertajuk Method Matters: Building Capacity for Cutting-Edge Research. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih calon asisten peneliti CICP sebelum berkecimpung langsung pada penelitian yang sudah dan yang akan berjalan di CICP. Dalam rangka mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada poin ke-4 mengenai Pendidikan Berkualitas, program ini berfokus pada peningkatan keterampilan dan kapasitas para peneliti muda agar mampu menghasilkan penelitian yang inovatif dan berkualitas tinggi.
SOR 2024 digelar berangkai dari 26 April 2024 sampai dengan 26 Mei 2024 yang bertempat di gedung D-504 Fakultas Psikologi UGM dengan durasi setiap sesi adalah 4 jam. Rangkaian tersebut diawali dengan Etnografi yang dipaparkan oleh Dr. Wenty Marina Minza. Sesi kedua adalah Photovoice oleh Dr. Elga Andriana. Sesi ketiga adalah Penelitian dengan Kelompok Minor dan Marjinal yang dibawakan oleh Dr. Andrian Liem dan sesi keempat Analisis Linguistic Inquiry Word Count yang diisi oleh Dr. Haidar Buldan.
Program ini juga mendukung SDGs poin ke-10 tentang Mengurangi Ketimpangan, dengan menyertakan sesi khusus yang membahas penelitian dengan kelompok minoritas dan marjinal. Hal ini menunjukkan komitmen CICP dalam menghasilkan penelitian yang inklusif dan berkontribusi pada pengurangan ketimpangan sosial.
Setelah sesi keempat tersebut terdapat sesi kerja lapangan pada tanggal 5-17 Mei di mana para peserta akan turun langsung pada tempat yang telah ditentukan dan melakukan pengambilan data. Data yang telah terkumpul kemudian akan dipresentasikan pada sesi kelima dan keenam yaitu Basic Academic Writing yang diisi oleh Dr. Rizqi Nur’aini A’yunnisa dan Critical Review of Literature oleh Dr. Pradytia Putri Pertiwi.
Dari acara ini diharapkan calon asisten peneliti mampu memahami dan mempraktikkan apa yang telah didapatkan di SOR baik teori dan praktik pada penelitian-penelitian yang akan dikerjakan. Ini sejalan dengan SDGs poin ke-9 tentang Industri, Inovasi, dan Infrastruktur, di mana pengembangan keterampilan penelitian yang solid akan mendorong inovasi dan peningkatan kualitas infrastruktur penelitian di masa depan.