CICP Menyelenggarakan School of Researcher periode Februari-Maret 2017

Home / Public Release / CICP Menyelenggarakan School of Researcher periode Februari-Maret 2017

Center for Indigenous and Cultural Psychology (CICP) baru saja melaksanakan rangkaian kegiatan School of Researcher (SOR), yang merupakan agenda rutin CICP sebagai suatu bentuk perekruitan dan pembekalan bagi peneliti magang baru, periode Februari-Maret 2017. SOR kali ini ditujukan bagi mahasiwa S2 Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 2016 ganjil dan genap. Tujuh mahasiswa S2 Fakultas Psikologi UGM mendaftar dan mengikuti seleksi awal, yaitu seleksi berkas. Calon peneliti magang diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran di cicp.psikologi.ugm.ac.id/sor dan mengumpulkan berkas pada tahap awal ini. Berkas-berkas yang harus dikumpulkan adalah curiculum vitae (CV), motivation letter, dan esai sesuai dengan cluster penelitian yang diminati. Berkas-berkas tersebut kemudian dikirim ke email CICP (cicp@ugm.ac.id). Pilihan cluster penelitian yang ditawarkan di CICP 2017 adalah sebagai berikut:

1. Research Cluster Youth (Im)mobility: Subcluster Social Relation and Youth Mobility, Subcluster Generation Y and Career Aspiration, Subcluster Psikologi Transportasi
2. Research Cluster Relasi Sosial: Subcluster Relasi Orangtua-Anak, Subcluster Relasi Pertetanggaan, Subcluster Relasi Pertemanan, Subcluster Hubungan Romantis, dan Subcluster Pernikahan
3. Research Cluster Deception and Culture
4. Research Cluster Trust
5. Research Cluster Mental Health and Culture
6. Research Cluster Leadership
7. Research Cluster Spiritualitas
8. Research Cluster Dinamika Perkembangan Kepribadian: Pendekatan Suryomentaram

Ketujuh calon peneliti magang berhasil lolos tahap seleksi berkas dan melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya, yaitu seleksi wawancara. Sama seperti tahap seleksi berkas, tidak ada calon peneliti magang yang tidak lolos pada tahap seleksi ini.

Proses seleksi kemudian diikuti oleh kegiatan berupa SOR in class. Tujuan dilaksanakannya kegiatan SOR in class ini adalah untuk mengenalkan psikologi budaya dan psikologi indigenous. SOR in class dilakukan dalam dua pertemuan, yaitu pada tanggal 28 Februari 2107 dan 3 Maret 2017. In class pada tanggal 28 Februari 2017 diisi oleh Banyu Wicaksono, S.Psi., M.Sc. yang memberikan materi tentang psikologi indigenous. Para peserta diajak untuk lebih mengenal tentang sejarah dan perkembangan psikologi indigenous di Indonesia serta dasar filosofi psikologi indigenous itu sendiri. In class kedua pada tanggal 3 Maret 2017 SOR hadir dengan materi psikologi budaya. Pemateri, Kurnia Rahmad Dhani, S.I.P., lebih menekankan pada pengenalan tiga pendekatan pada psikologi budaya. Di akhir pertemuan, calon peneliti magang CICP diberi tugas untuk mereview artikel Patricia M. Greenfield berjudul Three Approaches to the psychology of culture : Where do they come from? Where can they go? sebagai suatu upaya bagi para calon peserta untuk lebih memahami psikologi budaya. Yuni, salah satu calon peneliti magang, mengungkapkan bahwa SOR memberinya pemahaman lebih dalam mengenai psikologi indigenous, ”Sejauh ini saya memahami bahwa pendekatan yang selama ini digunakan untuk memahami perilaku masih menggunakan pendekatan dengan Teori Barat. Padahal antara Indonesia dan Barat memiliki budaya yang berbeda. Tentu saja untuk memahaminya, perlu menggunakan pendekatan berbeda.” tuturnya. (Fargha)