TENTANG THEORY BUILDING TRAINING

Perguruan tinggi memegang peran sentral dalam kemajuan ilmu pengetahuan. Perguruan tinggi sebagaimana yang diamanahkan oleh Tridharma perguruan tinggi mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satu aktivitas yang mendesak untuk dilaksanakan adalah menjawab tantangan untuk membangun teori yang fit dengan kondisi masyarakat.

Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada menilai penting untuk berpartisipasi aktif memfasilitasi peneliti dalam rangka pembangunan sebuah teori baru. Hal ini menjadi sangat relevan mengingat banyak tenaga pendidik Fakultas Psikologi mempunyai keahlian dalam metodologi penelitian tersebut, sehingga diharapkan lebih mudah dalam menjawab tantangan-tantangan yang ada.

Theory Building Training (TBT) diselenggarakan dengan tujuan untuk untuk melatih dan media belajar mengkritisi teori yang ada dan membangun teori baru melalui berbagai pendekatan yaitu; constructive realism, discourse analysis, meta-ethnography dan grounded theory. Guna membangun teori yang teori, dapat dilakukan menggunakan pendekatan constructive realism, yakni suatu pendekatan dalam penelitian dengan menekankan pada realita yang ada dalam masyarakat. Pendekatan ini dapat dilakukan melalui beberapa metodologi kualitatif seperti, discourse analysis, meta-ethnography dan grounded theory. Melalui metodologi tersebut diproyeksikan mampu untuk menjawab tantangan yang ada dalam dunia penelitian.

Untuk itu, kali ini Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas mengusung pendekatan constructive realism.  Theory Building Training (TBT) Constructive Realism merupakan pelatihan penggabungan antara Theory Building Training (TBT) Level Basic dan Intermediate. Berbeda dengan level basic yang mengupas lima model pendekatan dasar dalam pengembangan teori (constructive realism, ethnography, meta-etnography, discourse analysis dan grounded theory). Theory Building Training (TBT) Constructive Realism ini akan memberikan pelatihan secara spesifik mengenai pengembangan konsep penelitian dan teknik analisis data dengan pendekatan constructive realism.

Constructive Realism Dari Data Menjadi Teori

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan secara spesifik mengenai pengembangan konsep penelitian dan teknik analisis dengan pendekatan constructive realism.

Proses yang akan dilakukan selama pelatihan adalah :

  1. Menyusun kategori menjadi konsep dasar
  2. Mengkonstruksi dan mengembangkan konsep yang terukur
  3. Mengembangkan dinamika konsep dan teori
  4. Melakukan kuantifikasi dan uji instrumen
  5. Menguji atau menentukan model teoritis yang cocok dengan data
Home Page

TAHAPAN THEORY BUILDING TRAINING

Basic
Intermediate
Advance

Pemateri Utama

Prof. Dr. Faturochman, M.A.
Prof. Dr. Faturochman, M.A. adalah dekan Fakultas Psikologi UGM periode 2008-2012 dan 2016-2021....
Read More
Wahyu Jati Anggoro, S. Psi., M.A.
DATA PRIBADI E-mail :  wjanggoro[at]ugm.ac.id PENDIDIKAN S1 Fakultas Psikologi Universitas
Read More
Dr. Wenty Marina Minza, M.A.
Dr. Wenty Marina Minza, M.A. adalah pengajar di Fakultas Psikologi UGM, dan kepala Center fo...
Read More

Informasi

Theory Building Training level Intermediate: Discourse Analysis
Susunan Acara
Susunan Acara
May 12, 2017
Berikut adalah susunan acara Theory Building Training Intermediate Level: Discourse Analysis
Penginapan
Penginapan
May 12, 2017
Hotel MM Universitas Gadjah Mada Alamat Jalan Colombo No.1, Kec. Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta Kontak 085701230333 atau (0274) 557981 Harga Rp450.000,00...

Dokumentasi Kegiatan