Konsentrasi Penelitian

KONSENTRASI PENELITIAN

Klaster Relasi Sosial

Relasi orang tua dengan anak merupakan suatu jaringan sosial yang vital bagi anak karena relasi dalam keluarga akan memberikan identitas dan basis rasa aman pada anak. Remaja dengan karakteristiknya yang unik dan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri mereka akan membawa pengaruh di dalam relasinya dengan orang tua dibandingkan dengan ketika mereka berada pada usia kanak-kanak.

Bagaimana pola dan orientasi relasi pertetanggaan, konflik-konflik pertetanggaan yang terjadi, dan upaya-upaya yang dilakukan penghuni perumahan sistem satu pintu agar tetap terhubung adalah tema-tema yang diteliti dalam sub klaster ini.

Klaster Mobilitas Anak Muda

Subklaster Generasi Y dan aspirasi karir memiliki fokus penelitian pada angkatan kerja yang berasal dari generasi Y yang pada kurun waktu ini sedang mengusai dunia kerja dan diharapkan pada kondisi yang sama untuk beberapa tahun ke depan. Subkluster Generasi Y dan Aspirasi Karir pun  mengkaji tema ini melalui perspektif indigenous psychology sebagai sebuah bentuk kesadaran bahwa unsur budaya merupakan faktor yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami trust yang terjalin dalam konteks migrasi anak muda dari Kalimantan Barat ke Yogyakarta dengan tujuan melanjutkan pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam literatur yang ada saat ini, baik mengenai youth migration, student migration, maupun internal migration. Subjek berjumlah enam belas orang dengan berbagai latar belakang etnis (Melayu, Dayak, China, dan Madura) dan kondisi finansial keluarga.

Klaster Deception and Culture

Transparency International menempatkan Indonesia pada rangking ke-88 dari 168 negara menurut Corruption Perception Index tahun 2015. Beberapa literatur menyebutkan bahwa sekalinya korupsi masuk kedalam sistem, maka susah untuk mengentaskan korupsi. Oleh karena itu, diperlukan suatu studi yang membahas secara sistematis dinamika terjadinya korupsi di tingkat individu, masyarakat dan sistem.

Klaster Mental Heath and Culture

Cluster mental health tak hanya berfokus pada mental disorder, namun juga kondisi mental yang sehat, atau kini popular disebut sebagai konsep psikologi positif. Salah satu kajian ilmiah mengenai psikologi positif yaitu mengenai kebahagiaan. Konsep kebahagiaan pada tiap negara tentunya berbeda-beda sesuai dengan konteks budayanya masing-masing.

Klaster Spiritualitas

Manusia pada dasarnya adalah makhluk spiritual dan “in search of anchors”. Pada konteks bangsa Indonesia yang memiliki beraneka ragam suku, kondisi alam, budaya, bahasa, dan agama, anchors yang dimiliki manusia dapat berbeda-beda satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggali apa yang menjadi anchors dan bagaimana hal tersebut berpengaruh pada perilaku manusia.

Klaster Trust

Cluster ini tidak hanya berfokus dalam melibatkan aspek personal yang dimiliki individu sebagai indikator dalam mempengaruhi kepercayaan, akan tetapi terdapat aspek relasi yang terbentuk sebagai prediktor penentu dalam mempengaruhi kepercayaan dalam relasi pertemanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memahami peran trust dalam relasi interpersonal pada masyarakat Indonesia.

Klaster Dinamika Perkembangan Dinamika Remaja: Ki Ageng Suryomentaram

Penelitian yang dilakukan oleh Cluster Dinamika Perkembangan Kepribadian Remaja: Pendekatan Suryomentaram merupakan langkah lanjut dari proses saintifikasi kawruh jiwa Suryomentaram sebagai teori kepribadian yang berorientasi kearifan lokal. Penelitian ini didasarkan pada hasil penelitian tentang catatan kawruh jiwa pada remaja. Salah satu hasil penelitian mengenai catatan kawruh jiwa pada remaja memberikan gambaran bahwa sejumlah subjek penelitian mempunyai catatan kawruh jiwa yang `istimewa` yang menarik untuk diteliti lebih lanjut.