Rekap Magang Internal

Home / Rekap Magang Internal

Mahasiswa Magang Internal

1. Novi Qonitatin, S.Psi., M.A.

Nama

Novi Qonitatin, S.Psi., M.A.

Email

qonitatin@gmail.com

Riwayat Pendidikan

S1 Psikologi Universitas Padjajaran

S2 Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada

Pendidikan saat ini

Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Novi merupakan salah satu dosen di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Dalam menjalankan profesinya, Novi memiliki ketertarikan dengan Psikologi Sosial. Hal ini didukung dengan beberapa publikasi, presentasi, dan narasumber dalam beberapa seminar. Saat ini, Novi sedang menjalani pendidikan doktor di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dan bergabung dengan Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada untuk menjalankan proses internship.

  1. Presenter dalam Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial tahun 2015 dengan judul paper Relasi Remaja-Orangtua: Kaitannya dengan Filial Efficacy. Denpasar, 21-23 Januari 2015
  2. Presenter dalam Simposium Nasional: Pendekatan Biopsikososial dan Spiritual di dalam Psikologi Kesehatan untuk Meningkatkan Well-Being dalam Kondisi Sehat maupun Sakit dengan judul paper Studi Meta Analisis: Relasi Remaja-Orangtua dan Kenakalan Remaja. Bandung, 6 April 2015
  3. Presenter dalam The 7th International AAICP Conference dengan judul paper The Dynamic of Conflict in Adolescent-Parent Relationships. Bandung, 25-27 Agustus 2015
  4. Presenter dalam Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial tahun 2016 “Peran Psikologi Sosial dalam Menjawab Tantangan Bangsa” dengan judul paper Dinamika Kedekatan Relasi Anak-Orangtua pada Koruptor. Bandung, 3-5 November 2016
  5. Presenter dalam Temu Ilmiah HIMPSI 2016 “Menelisik Perkembangan Psikologi Indonesia” dengan judul paper Review Sistematik: Relasi Remaja-Orangtua. Yogyakarta, 18-19 November 2016
  6. Presenter dalam Seminar Nasional “Riset-Riset Terkini di Bidang Perilaku” dengan judul paper Studi Pendahuluan: Relasi Remaja-Orangtua. Yogyakarta, 26 November 2016
  7. Narasumber dalam Seminar: Mengulik Fenomena Korupsi dalam Bingkai Psikologi yang membahas Relasi orangtua-Anak pada Koruptor. Yogyakarta, 3 September 2017

Qonitatin, N., & Helmi, A.V. (2014). Studi meta analisis: Relasi remaja-orangtua dan kenakalan remaja, Humanitas, Jurnal Psikologi, 1(3), 173-188.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui paradigma konstruktivisme, yang berusaha memahami pengalaman-pengalaman relasi orangtua dan anak yang dilakukan berdasarkan konstruksi mental pada diri mereka sendiri. Hal ini didasarkan pada pengalaman-pengalaman sosial yang dialami oleh individu yang bersangkutan melalui pengumpulan dan penyaringan data dengan interaksi yang terjadi antara peneliti dan partisipan. Partisipan penelitian adalah tujuh warga binaan pemasyarakatan tindak pidana korupsi di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Kedung Pane Semarang yang berjenis kelamin laki-laki melalui teknik samping snow ball.

Laporan Internship klik di sini.

2. Emma Yuniarrahman, S.Psi., M.A.

Nama

Emma Yuniarrahman, S.Psi., M.A.

Email

emma.psiulm@gmail.com

Riwayat Pendidikan

S1 Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

S2 Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada

Pendidikan saat ini

Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Emma merupakan salah satu dosen di Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Dalam menjalankan profesinya, Emma memiliki ketertarikan dengan Psikologi Perkembangan. Hal ini didukung dengan beberapa publikasi, presentasi, dan narasumber dalam beberapa seminar. Saat ini, Emma sedang menjalani pendidikan doktor di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dan bergabung dengan Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada untuk menjalankan proses internship.

  1. Peran Kecerdasan Emosi dan Religiusitas terhadap Kebermaknaan Hidup Remaja yang Mengalami Trauma Kematian Orangtua di Istana Anak Yatim Batu Licin Kalimantan Selatan (Procceding Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia tahun 2012)
  2. Penyesuaian Sosial Anak Jalanan yang Mengalami Kekerasan Fisik & Psikologis Ditinjau Dari Gaya Kelekatan Dengan Orangtua (Procceding tahun 2014)
  3. The Diversity Of Delinquency Behaviors And Causal Factors: A Study Of Juvenile Delinquences in Batulicin-Tanah Bumbu Regency, South Kalimantan Province (International Conference Procceding of ICEHM tahin 2014)
  4. Social Change In Batulicin, Tanah Bumbu Regency-South Kalimantan Province: The City Which Is Surrounded By Coal Mining Areas (International Symposium Procceding of ISWEM tahun 2014)
  5. Yuniarrahman, E. 2014. Pola Asuh Dan Penalaran Moral Pada Remaja Yang Sekolah Di Madrasah dan Sekolah Umum di Banjarmasin. Jurnal Ecopsy Vol. 1. No.2.
  6. Yuniarrahman, R. 2014. Studi Tentang Persepsi Keharmonisan Keluarga pada Remaja Pelaku Pemerkosaan di Lapas Klas II A Anak Martapura. Jurnal Ecopsy Vol. 1. No.2.
  7. Yuniarrahman, E. 2014. Coping Stress New Scholars Viewed From Self Efficacy to Meet The Academic Demands. International Journal of Academic Research Vol.6 No.4
  8. Presenter dalam Temu Ilmiah Nasional VIII Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia di IPPI di Yogyakarta pada tahun 2012
  9. Presenter dalam Seminar Nasional di Universitas Sumatera Utara pada tahun 2014
  10. Presenter dalam Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Sosial Himpunan Psikologi Indonesia di Bali pada tahun 2015
  11. Presenter dalam Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Sosial Himpunan Psikologi Indonesia di Bandung pada tahun 2016

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai gambaran kenakalan remaja dan pola relasi orangtua-remaja. Penelitian ini menggunakaan pendekatan kualitatif dengan informan remaja dan orangtua. Remaja berusia 15-18 tahun dan bersekolah di bangku SMA sebanyak 331 orang, sedangkan individu yang berstatus sebagai orangtua sebanyak 72 orang. Pengambilan data dilakukan melalui melalui open ended questioner secara online. Berdasarkan data-data tersebut dilakukan analisis kategori dengan teknik open coding.

3. Nita Trimulyaningsih, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Nama

Nita Trimulyaningsih, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Email

nita3life@gmail.com

Riwayat Pendidikan

S1 Psikologi Universitas Islam Indonesia

S2 Magister Profesi Psikologi Universitas Gadjah Mada

Pendidikan saat ini

Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Nita merupakan salah satu dosen di Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia. Dalam menjalankan profesinya, Nita memiliki ketertarikan dengan Psikologi Islam, Psikologi Klinis, Biopsikologi, dan Psikologi Komunitas. Hal ini didukung dengan beberapa publikasi, presentasi, dan narasumber dalam beberapa seminar. Saat ini, Nita sedang menjalani pendidikan doktor di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dan bergabung dengan Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada untuk menjalankan proses internship.

Trimulyaningsih, N. (2006). Positive religious coping style dan penerimaan diri pada survivor gempa Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 1(1), 74–103.

Trimulyaningsih, N. (2010). Terapi kognitif Perilakuan Religius untuk Menurunkan Gejala Depresi. Jurnal Intervensi Psikologi, 2(2), 205–227.

Trimulyaningsih, N. (2017). Efektivitas Psikoterapi Islam untuk Meningkatkan Kesehatan Mental: Sebuah Studi Metaanalisis. Yogyakarta.

Trimulyaningsih, N., Wulandari, E., & Sofia, N. (2017). Qualitative Research on Islamic Psychotherapy: A Metasynthesis Study in Indonesian Culture. Yogyakarta.

Penelitiannya adalah studi eksplorasi (wawancara kualitatif) mengenai definisi nafs, ruh, dan nafsul muthmainnah. Penelitian ini adalah studi preliminari sebagai bagian dari proses disertasi doktoralnya dengan tema nafsul muthmainnah. Nafsul muthmainnah sendiri adalah tahap jiwa (psyche) yang mengandung ketenteraman dan tauhid sebagai kriteria utamanya

4. Cicilia Tanti Utami, S.Psi., M.A.

Nama

Cicilia Tanti Utami, S.Psi., M.A.

Email

ciciliatantiutami@yahoo.co.id

Riwayat Pendidikan

S1 Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang

Program Profesi Psikolog Universitas Katolik Soegijapranata Semarang

S2 Magister Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Pendidikan saat ini

Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Cicilia merupakan salah satu dosen di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. Dalam menjalankan profesinya, Cicilia memiliki ketertarikan dengan Psikologi Pendidikan. Hal ini didukung dengan beberapa publikasi, presentasi, dan narasumber dalam beberapa seminar. Saat ini, Cicilia sedang menjalani pendidikan doktor di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dan bergabung dengan Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada untuk menjalankan proses internship.

  1. Efektivitas Kurikulum Berbasis Kompetensi terhadap Pembentukan Kompetensi Siswa SD PL Santo Yusup Semarang (Laporan Penelitian)
  2. Utami, Cicilia T. 2008. Makna dan Relevansi Aliran Humanistik bagi Pengembangan Pendidikan. Psikomedia Vol. 7 No. 1 Unika Soegijapranata Semarang.
  3. Aplikasi Metode Belajar Regulasi Diri dalam mempelajari Matematika pada Siswa Sekolah Dasar (Laporan Penelitian)
  4. Self Reliance dan Self Resilience pada Empat Kota (Buku: Pemberdayaan Kelompok Miskin Produktif di Kawasan Perkotaan. Pengalaman Empat Kota. Pengabdian Masyarakat Aptik-Misereor. ISBN: 978-602-8011-84-6, Penerbit: Unika Soegijapranata Semarang)
  5. Belajar Bersama dan dari Masyarakat. Penerapan Metode Service Learning dalam Mata Kuliah Psikologi Kesehatan Keluarga (Buku: Pemberdayaan Kelompok Miskin Produktif di Kawasan Perkotaan. Pengalaman Empat Kota. Pengabdian Masyarakat Aptik-Misereor. ISBN: 978-602-8011-84-6, Penerbit: Unika Soegijapranata Semarang)
  6. Developing students’ social empathy through service learning activities : a Study on the impact of service learning program in the “Family Health Psychology” (National Conference on Service Learning: “ Techniques, Application, and Lessons Learned”)
  7. Studi Eksploratif perilaku seksual siswa kelas 4-5 SD X (Prosiding Psikologi Kesehatan. Promosi Kesehatan di Sekolah Unika Soegijapranata Semarang)

Utami, Cicilia T. 2017. Self Efficacy dan Resiliensi: sebuah tinjauan meta-analisis. Buletin Psikologi vol 25 no 1

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relasi sosial anak dengan ibu dalam mempengaruhi resiliensi anak korban bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara mendalam. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA-SMK di kota semarang yang pernah mengalami korban bullying dan tergolong resilient.

5. Putri Marlenny P., S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Nama

Putri Marlenny P., S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Email

kakak_ciput@yahoo.com

Riwayat Pendidikan

S1 Psikologi Universitas Gadjah Mada

S2 Magister Profesi Psikologi Universitas Gadjah Mada

Pendidikan saat ini

Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Putri merupakan salah satu Tenaga Ahli Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang sebagai Psikolog dan Koordinator Rumah Duta Revolusi Mental. Dalam menjalankan profesinya, Putri memiliki ketertarikan dengan Psikologi Hukum dan Forensik, Keadilan Restoratif, Kesehatan Mental Masyarakat, dan Intervensi Komunitas. Hal ini didukung dengan beberapa publikasi, presentasi, dan narasumber dalam beberapa seminar. Saat ini, Putri sedang menjalani pendidikan doktor di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dan bergabung dengan Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada untuk menjalankan proses internship.

Oral presentation in Global Clinical Psychologists Annual Meeting, October 10-12, 2016, Kuala Lumpur, Malaysia. Paper title : NICHD Based Child Friendly Interview 2007 Version For Police Investigator During Child Interrogation News Making Process.

Oral presentation in The 3rd Joint International Seminar Entitled : Religious Education in A Diverse Society : Promoting Civil Religion And Deliberative Society (LP2M UIN WALISONGO; S. Rajaratnam School of International Studies-RSIS; Nanyang Technological University of Singapore), November 18-20, 2016, Semarang, Indonesia. Paper title : Perception of Islamic Religious Teacher Candidates about Competence For Restorative Justice Program Implementation For Juvenile Criminals.

Puspitawati, M, P. (2016). NICHD Based Child Friendly Interview 2007 Version For Police Investigator During Child Interrogation News Making Process. Journal of Psychology & Psychotherapy, Volume 6 Issue 5 October 2016, http://dx.doi.org/10.4172/2161-0487.C1.005

Tema penelitian dalam rangka Doctoral Research Internship ini adalah kesehatan mental dan executive function pada anak yang berkonflik dengan hukum dalam konteks penerapan keadilan restoratif di Indonesia. Dalam penelitian ini juga akan mendeskripsikan persepsi dan pengalaman mereka selama menjalani proses keadilan restoratif tersebut.

6. Ichlas Nanang Afandi

Nama

Ichlas Nanang Afandi

Email

ichlasafandi@yahoo.co.id / in_afandi@ugm.ac.id

Riwayat Pendidikan

S1 Psikologi UMM Malang

S2 Psikologi UGM Yogyakarta

Pendidikan saat ini

Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Ichlas merupakan seorang dosen di Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanudin Makassar.  Dalam menjalankan profesinya, Ichlas memliki ketertarikan di bidang psikologi sosial. Hal ini didukung dengan beberapa publikasi dan presentasinya dalam beberapa seminar. Saat ini, Ichlas sedang menjalani pendidikan doktor di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dan bergabung dengan Center of Indigenous and Cultural Psychology (CICP) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada untuk menjalankan proses internship.

 

  1. Presenter dalam Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial tahun , Universitas Maranatha, Bandung ,2016.
  2. Presenter dalam ICSEAS , Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 2016.
  3. Presenter dalam International Conference on Cross-Cultural Understanding of Well being ,Universitas Negeri Yogyakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana relasi pertetanggaan pada orang yang tinggal di perumahan dengan sistem satu pintu di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara.

Laporan Internship klik di sini

7. Aquilina Tanti Ariani

Nama

Aquilina Tanti Ariani

Email

 

Riwayat Pendidikan

 

Pendidikan saat ini

 

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui bagaimana isu seputar perubahan iklim global dilihat oleh para guru Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah 111 guru sekolah dasar di wilayah kota Yogyakarta dan kabupaten Sleman. Metode pengambilan data menggunakan angket pertanyaan terbuka, meliputi pandangannya terhadap cuaca yang dialami, perasaan yang muncul membaca kata pemanasan global dan tanggapan bebas terkait isu pemanasan global.

Laporan Internship klik di sini

8. Ika Widyarini

Nama

Ika Widyarini

Email

 

Riwayat Pendidikan

 

Pendidikan saat ini

 

Penelitian ini merupakan studi kualitatif eksplorasi yang bertujuan untuk  membangun pemahaman guru- guru di Indonesia mengenai integritas dan emosi moral melalui pendekatan indigenous. Metode yang digunakan adalah survei terbuka terhadap 121 guru Sekolah Dasar kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Laporan Internship klik di sini