Subcluster Relasi Pertetanggaan

Subcluster Relasi Pertetanggaan

Klaster pertetanggaan CICP fokus pada kajian seputar bagaimana relasi pertetanggaan yang terjadi di Indonesia. Hal-hal seperti, bagaimana pola dan orientasi relasi pertetanggaan yang terbina, bagaimana individu dan kelompok memaknai relasi pertetanggan mereka, faktor-faktor apa yang berperan dalam relasi pertetanggaan, hingga konflik-konflik yang terjadi dalam relasi pertetanggaan, merupakan contoh fokus kajian yang dimaksud.

Sejauh ini, klaster pertetanggaan CICP telah melakukan penelitian tentang relasi pertetanggaan di perumahan sistem satu pintu di kota Yogyakarta. Bagaimana pola dan orientasi relasi pertetanggaan, konflik-konflik pertetanggaan yang terjadi, dan upaya-upaya yang dilakukan penghuni perumahan sistem satu pintu agar tetap terhubung adalah tema-tema yang diteliti dalam penelitian itu.

Masih ada begitu banyak tema penelitian yang layak dikaji dalam relasi pertetanggaan. Untuk itu kedepannya, klaster pertetanggaan CICP berkomitmen untuk terus melakukan penelitian agar informasi dan pengetahuan ilmiah tentang relasi pertetanggaan di Indonesia dapat lebih dipahami secara komprehensif.

Publikasi

Koordinator Peneliti

Ferdiansyah Daulay

Asisten Penelitian

Eprika Adhityani

Gloria Excelcise Muhammad

Shofi Nadia

Ali Achmad Fargha

Rashifa Fauzia

Devita Pressa