Sambutan Direktur CICP

SAMBUTAN DIREKTUR CICP

Selamat datang di Center for Indigenous and Cultural Psychology

Berdiri pada tahun 2010, kami adalah pusat penelitian yang berdedikasi untuk mengembangkan penelitian di bidang psikologi indigenous dan budaya di Indonesia. Sebagai sebuah pusat penelitian yang berkutat dengan paradigma realisme konstruktivistik, peneliti kami menekankan pentingnya menerjemahkan diskursus sosial menurut pada konteksnya untuk menghindari pemikiran yang terhomogenisasi. Situs resmi ini membawakan kabar terbaru dan kemajuan-kemajuan yang telah di capai oleh CICP, dari tahun yang telah lalu hingga hari ini, yang terangkum dalam konsentrasi utama kami: Pencapaian, Kebahagiaan, Konsep Diri, Kepercayaan dan relasi interpersonal (Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai peta riset CICP saat ini).

Sebagai sebuah pusat penelitian yang berbasis di Universitas, CICP melibatkan mahasiswa-mahasiswa unggulan (dari program sarjana maupun pascasarjana) dalam proses penelitian kami. Mahasiswa, bersama dengan mentor mereka, didorong untuk melakukan penelitian secara mandiri dan melakukan diseminasi hasil penelitian tersebut di forum internasional. Melalui proses tersebut kami berharap agar mahasiswa dapat mengasah kemampuan analisis, menemukan gaya penelitian mereka sendiri, dan membangun kepercaan diri melalui pengalaman-pengalaman langsung di CICP (Klik disini untuk melihat koleksi artikel dan working paper kami). Pada tahun 2013, program Sekolah Peneliti atau School of Researcher diinisiasi sebagai program yang memberikan pendidikan dan pelatihan untuk anggota CICP secara lebih efisien dan sistematis. Sekolah ini terdiri dari berbagai sesi pendidikan dan pelatihan intensif, beberapa diantaranya: “pengantar penelitian kualitatif”, “pengantar indigenous psychology”, dan “langkah-langkah melakukan analisis isi tematik” (apabila anda adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UGM, klik disini untuk melihat kesempatan-kesempatan yang kami tawarkan).

Kami menampung semua tanggapan dan saran anda, dengan harapan bahwa anda dapat bergabung bersama upaya kami untuk mengembangkan sebuah pemahaman yang paripurna tentang orang Indonesia dari perspektif Psikologi Indigenous dan Budaya.

Salam Hangat,

Dr. Wenty Marina Minza, S.Psi., M.A.
Direktur Center for Indigenous and Cultural Psychology