CICP Mengirimkan Delegasinya ke ICP 2016

Home / Public Release / CICP Mengirimkan Delegasinya ke ICP 2016

image3

Pada tanggal 24 Juli hingga 29 juli, 10 mahasiswa yang tergabung dalam CICP (Center for Indigenous and Cultural Psychology), beserta seorang dosen, yakni Dr. Wenty Marina Minza, S.Psi., M.A., mengikuti International Congress of Psychology (ICP) 2016 yang diadakan di Yokohama, Jepang. Kegiatan yang mengusung tema “Diversity in Harmony: Insight from Psychology” ini dihadiri oleh 6.366 peserta dari 92 negara yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Tahun ini merupakan konferensi yang ke-31 sejak ICP pertama kali diselenggarakan di Paris pada 1889 atau kurang lebih 127 tahun yang lalu. Mahasiswa dan dosen yang menjadi delegasi dalam kegiatan ini pun berkesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya tentang psikologi indigenous dalam sebuah forum internasional yang dihadiri oleh partisipan dari berbagai penjuru dunia.

image2

Kegiatan hari pertama diawali dengan registrasi dan rangkaian opening ceremony di sore hari yang berisikan berbagai kegiatan, seperti kuliah terbuka yang dibawakan oleh Prof. Hiroshi Ishiguro, serta penampilan budaya dari tim penari mahasiswa Jepang. Kegiatan pada hari tersebut berakhir pada pukul 17.40 waktu setempat dan kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kelas paralel pada keesokan harinya.

Menjadi delegasi pada kegiatan ini merupakan sebuah pengalaman yang tidak terlupakan, khususnya bagi teman teman yang tergabung dalam intern researcher CICP. Pengalaman ini merupakan pengalaman pertama mempresentasikan penelitian dalam sebuah forum internasional bagi sebagian besar rombongan. Seluruh rombongan dari CICP pun berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya dengan lancar dalam forum internasional ini, meskipun sempat ada sedikit kendala akibat adanya miss-informasi yang didapat oleh pihak delegasi dari CICP. Akan tetapi, hal tersebut dapat teratasi dengan baik setelah pihak rombongan mengomunikasikannya kepada pihak panitia.

image1

Bagi Excel, selaku delegasi dari CICP, kegiatan ini berhasil membuka pikirannya menjadi lebih luas serta memberikan banyak pembelajaran baginya. “Bisa ikut dalam ICP 2016 adalah kesempatan yang sangat berharga bagi saya. Berkat acara ini, cakrawala saya tentang keilmuan psikologi menjadi semakin luas. Dari rangkaian kegiatan ICP 2016 saya belajar banyak hal, mulai dari teknik penelitian, analisis data, kepenulisan, hingga belajar nilai-nilai positif dari negeri sakura. Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat untuk kehidupan saya maupun orang lain,” ucapnya dengan penuh semangat. [Samudera]